Sabtu, 30 April 2011

May Day (Hari Buruh) Ketika Kaum Buruh Berkumandang!

Haloo, kali ini saya mau nulis post tentang Hari Buruh karena hari ini (1/5/2011) bertepatan dengan Hari Buruh Dunia (May Day)


May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.


READ MORE YUK...







Peristiwa Haymarket Riot juga menjadi awal mula dinyatakannya 1 Mei sebagai hari buruh. Pada tanggal 1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei.Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir.

Haymarket Riot Monument
Sama halnya dengan di Indonesia sejak tanggal 1 Mei 1920 mulai diperingati sebagai Hari Buruh Nasional. Setiap tanggal ini para buruh selali melakukan aksi unjuk rasa untuk meminta hak mereka sebagai kaum buruh.Yuuk kita lihat bagaimana situasi unjuk rasa dari tahun ke tahun di Indonesia. 

Hari Buruh, 1 Mei 2003
Hari Buruh, 1 Mei 2007
Hari Buruh, 1 Mei 2008
Hari Buruh, 1 Mei 2009
Ya begitulah suasananya setiap tahun dalam memperingati Hari Buruh di Indonesia

When work is a pleasure, life is a joy. When work is a duty, life is slavery.
Maxim Gorky
Bagi para Buruh Indonesia, kalian akan selalu dibicaraka ketika hari ini tiba

Selamat Hari Buruh!

0 komentar:

Posting Komentar